SOAL CPNS INFOASN.ID Bank Soal CPNS TKP Contoh Soal TKP – Aspek Kemauan dan Kemampuan Belajar Berkelanjutan

Contoh Soal TKP – Aspek Kemauan dan Kemampuan Belajar Berkelanjutan

Contoh Soal CPNS – Contoh Soal TKP Aspek Kemauan dan Kemampuan Belajar Berkelanjutan

Dalam menjawab soal TKP SKD, peserta harus terlebih dahulu memahami bahwa soal CAT CPNS Tes Karakteristek Pribadi (TKP) merupakan sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian para peserta cpns dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi,

Berikut Contoh Soal TKP Aspek Kemauan dan Kemampuan Belajar Berkelanjutan

1. Jika dalam suatu rapat, rekan kantor memiliki pendapat yang berbeda, padahal Anda lah yang menjadi pemimpin rapat, maka :
A. Saya teguh mempertahankan pendapat saya
B. Beda pendapat bukanlah masalah serius
C. Saya pertimbangkan pendapat tersebut
D. Melihat dulu siapa dia
E. Menanyakan sebab dan alasan pendapatnya tersebut dan mempertimbangkannya jika memang pendapatnya itu ide yang baik.
Pembahasan

A. Saya teguh mempertahankan pendapat saya (Skor 1)
B. Beda pendapat bukanlah masalah serius (Skor 3)
C. Saya pertimbangkan pendapat tersebut (Skor 4)
D. Melihat dulu siapa dia (Skor 2)
E. Menanyakan sebab dan alasan pendapatnya tersebut dan mempertimbangkannya jika memang pendapatnya itu ide yang baik. (Skor 5)

2. Dalam rapat staf dan pimpinan, pendapat saya dikritik keras oleh peserta rapat lainnya. Respon saya adalah …
A. Mencoba sekuat tenaga mempertahankan pendapat saya
B. Menyerang semua peserta yang mengeritik pendapat saya
C. Mencoba mempelajari kritikan tersebut dan berbalik mengkritik dengan tajam
D. Menerima kritikan tersebut sebagai masukan
E. Diam saja
Pembahasan

A. Mencoba sekuat tenaga mempertahankan pendapat saya (Skor 4)
B. Menyerang semua peserta yang mengeritik pendapat saya (Skor 1)
C. Mencoba mempelajari kritikan tersebut dan berbalik mengkritik dengan tajam (Skor 3)
D. Menerima kritikan tersebut sebagai masukan (Skor 5)
E. Diam saja (Skor 2)

3. Jika bawahan saya melakukan tugasnya dengan sangat baik, maka saya
A. Puas, namun tak perlu memuji karena hal itu akan membuatnya sombong
B. Tak pernah memuji
C. Memuji setinggi-tingginya agar dia senang dan bersemangat
D. Memuji secara proporsional
E. Terkadang memuji
Pembahasan

A. Puas, namun tak perlu memuji karena hal itu akan membuatnya sombong (Skor 2)
B. Tak pernah memuji (Skor 1)
C. Memuji setinggi-tingginya agar dia senang dan bersemangat (Skor 4)
D. Memuji secara proporsional (Skor 5)
E. Terkadang memuji (Skor 3)

4. Jika ada karyawan baru di dekat saya, maka
A. Saya akan memperkenalkan diri dan teman-teman saya
B. Saya memintanya memperkenalkan dirinya karena dia orang baru
C. Saya menunggunya memperkenalkan dirinya
D. Saya tak perlu mengusiknya
E. Biarlah perkenalan terjadi besok-besok saja
Pembahasan

A. Saya akan memperkenalkan diri dan teman-teman saya (Skor 5)
B. Saya memintanya memperkenalkan dirinya karena dia orang baru (Skor 2)
C. Saya menunggunya memperkenalkan dirinya (Skor 4)
D. Saya tak perlu mengusiknya (Skor 3)
E. Biarlah perkenalan terjadi besok-besok saja (Skor 1)

5. Saya sedang menghadapi ujian akhir, namun saya tidak bisa hadir dalam ujian tersebut karena sakit dan dosen saya tidak menawarkan untuk mengikuti ujian susulan.
A. Cuek saja toh dosennya tidak menawarkan ujian susulan.
B. Saya menghadap dosen saya untuk meminta ujian susulan.
C. Saya menyadari bahwa jika saya tidak mengikuti ujian mungkin saya tidak akan lulus.
D. Seharusnya dosen tahu bahwa saya sedang sakit sehingga tidak dapat mengikuti ujian.
E. Saya mungkin akan mengikuti ujian susulan kalau diadakan.
Pembahasan

A. Cuek saja toh dosennya tidak menawarkan ujian susulan. (skor 1)
B. Saya menghadap dosen saya untuk meminta ujian susulan. (skor 5)
C. Saya menyadari bahwa jika saya tidak mengikuti ujian mungkin saya tidak akan lulus. (skor 4)
D. Seharusnya dosen tahu bahwa saya sedang sakit sehingga tidak dapat mengikuti ujian. (skor 3)
E. Saya mungkin akan mengikuti ujian susulan kalau diadakan. (skor 2)

6. Jika seorang rekan kerja menyampaikan gagasan yang berbeda dengan gagasan saya, padahal gagasan saya lebih berkualitas, maka
A. Saya potong bicaranya dengan sopan
B. Saya potong bicaranya agar tidak membuang waktu saya
C. Saya dengarkan setengah hati
D. Saya persilakan dulu sampai bicaranya selesai
E. Saya tak perlu mendengarnya
Pembahasan

A. Saya potong bicaranya dengan sopan (Skor 3)
B. Saya potong bicaranya agar tidak membuang waktu saya (Skor 2)
C. Saya dengarkan setengah hati (Skor 4)
D. Saya persilakan dulu sampai bicaranya selesai (Skor 5)
E. Saya tak perlu mendengarnya (Skor 1)

7. Jika saya diperintah oleh seorang atasan yang kurang cakap dibandingkan dengan saya, maka
A. Saya merasa kesal
B. Saya tidak bersedia melaksanakan perintahnya
C. Saya terkadang marah
D. Saya tetap melaksanakan perintahnya selama itu baik
E. Saya melaksanakan perintahnya meski dengan setengah hati
Pembahasan

A. Saya merasa kesal (Skor 3)
B. Saya tidak bersedia melaksanakan perintahnya (Skor 1)
C. Saya terkadang marah (Skor 2)
D. Saya tetap melaksanakan perintahnya selama itu baik (Skor 5)
E. Saya melaksanakan perintahnya meski dengan setengah hati (Skor 4)
46 Likes

Author: admin